Permasalahan Alkohol dan Obat-obatan Terlarang


Dalam masalah kesehatan tidak banyak remaja yang mengalami sakit kronis. Problem yang banyak terjadi adalah kurang tidur, gangguan makan, maupun penggunaan obat-obatan terlarang. Beberapa kecelakaan, bahkan kematian pada remaja penytebab terbesar adalah karakteristik mereka yang suka bereksperimentasi dan berskplorasi.

Penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. Walaupun usaha usaha untuk menghentikan sudah digalakkan tetapi kasus-kasus penggunaan narkoba ini sepertinya tidak berkurang. Ada kekhasan mengapa remaja menggunakan narkoba/napza yang kemungkinan alas an mereka menggunakan berbeda dengan alasan yang terjadi pada orang dewasa. Santrock (2003) menemukan beberapa alasan mengapa remaja mengonsumsi narkobayaitu karena ingin tahu, untuk meningkatkan rasa percaya diri, solidaritas, adaptasi dengan lingkungan, maupun untuk kompensasi.

- Pengaruh sosial dan interpersonal :

Termasuk kurangnya kehangatan dari orang tua, supervisi, kontrol dan dorongan. Penilaian negative dari orang tua, ketegangan di rumah, perceraian dan perpisahan orang tua.

- Pengaruh budya dan tata karma :

Memandang penggunaan alkohol dan obat-obatan sebagai symbol penolakan atas standar konvensional, berorientasi pada tujuan jangka pendek dan kepuasan hedonis.

- Pengaruh interpersonal :

Termasuk kepribadian yang temperamental, agresif, orang yang memiliki lokus kontrol eksternal, rendahnya harga diri, kemampuan koping yang buruk.

- Cinta dan Hubungan Heteroseksual

- Permasalahan seksual

- Hubungan Remaja dengan Kedua Orang Tua

- Permasalahan Moral, nilai, dan Agama.

0 Responses

Posting Komentar

abcs